Sel Ubnormal Yang Ada di Payudara (kanker non invasif).

Sel Ubnormal Yang Ada di Payudara (kanker non invasif).




Karsinoma lobular in situ (LCIS) berarti sel abnormal ada di payudara. LCIS ​​kadang dikelompokkan dengan karsinoma duktal in situ (DCIS) sebagai sejenis kanker payudara non-invasif, namun berbeda dengan DCIS karena ini bukan pra-kanker. Perbedaan utamanya adalah LCIS tidak bisa menjadi kanker invasif, meski tidak diobati.
Apakah LCIS perlu diobati?

Karena LCIS bukan kanker sejati atau pra-kanker, seringkali tidak ada pengobatan yang dianjurkan. Terkadang jika hasil biopsi jarum menunjukkan LCIS, dokter mungkin merekomendasikan agar benar-benar dikeluarkan sepenuhnya (dengan biopsi eksisi atau beberapa jenis operasi pembesaran payudara lainnya) untuk memastikan LCIS adalah satu-satunya yang ada di sana. Hal ini terutama berlaku jika LCIS digambarkan sebagai pleomorfik atau jika memiliki nekrosis (area sel mati), dalam hal ini kemungkinan akan tumbuh dengan cepat.

Setelah LCIS meningkatkan risiko terkena kanker payudara invasif nanti, maka follow up yang dekat sangat penting. Ini biasanya mencakup mammogram tahunan dan ujian payudara. Menutup tindak lanjut kedua payudara itu penting karena wanita dengan LCIS di salah satu payudara memiliki peningkatan risiko terkena kanker yang sama di kedua payudara. Tidak cukup bukti untuk merekomendasikan pencitraan resonansi magnetik rutin (MRI) selain mammogram untuk semua wanita dengan LCIS, namun masuk akal bagi wanita dengan LCIS untuk berbicara dengan dokter mereka mengenai faktor risiko lain dan manfaat dan batasannya. Disaring setiap tahun dengan MRI.

Jenis LCIS tertentu, yang disebut pleomorphic LCIS, kemungkinan besar akan berubah menjadi kanker invasif daripada kebanyakan jenis LCIS. Beberapa dokter merasa bahwa jenis LCIS ini perlu dilepas sepenuhnya dengan operasi.

Bisakah Anda menurunkan risiko kanker payudara invasif?

Jika Anda memiliki LCIS, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan obat hormonal seperti tamoxifen atau raloxifene (Evista) untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara Anda. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengambil bagian dalam percobaan klinis untuk pencegahan kanker payudara, atau mendiskusikan strategi pencegahan lain yang mungkin (seperti mendapatkan berat badan yang sehat atau memulai program olahraga) dengan dokter Anda.

Karena LCIS terkait dengan peningkatan risiko kanker pada kedua payudara, beberapa wanita dengan LCIS memilih untuk melakukan mastektomi sederhana bilateral (pengangkatan kedua payudara tapi tidak di dekat kelenjar getah bening) untuk menurunkan risiko ini. Ini lebih mungkin menjadi pilihan yang masuk akal pada wanita yang juga memiliki faktor risiko kanker payudara lainnya, seperti mutasi gen BRCA atau riwayat keluarga yang kuat. Hal ini dapat diikuti dengan rekonstruksi payudara tertunda.

Baca juga :

Solusi Gempur Kanker Kronis.
Herbal kanker, banyak pasien sembuh.
Pengobatan Kanker Payudara Menurut Tingkatan (stadium).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sel Ubnormal Yang Ada di Payudara (kanker non invasif)."

Catat Ulasan