Pengobatan Saluran Susu Yang Berubah Menjadi Kanker.

Pengobatan Saluran Susu Yang Berubah Menjadi Kanker.



Pengobatan Karsinoma Ductal di Situ (DCIS)

Ductal carcinoma in situ (DCIS) berarti sel-sel yang melapisi saluran susu payudara telah berubah menjadi terlihat seperti sel kanker di bawah mikroskop, namun belum menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya.

DCIS dianggap sebagai kanker payudara non-invasif atau pra-invasif. DCIS tidak bisa menyebar ke luar payudara, tapi tetap perlu dirawat karena terkadang bisa menjadi kanker payudara invasif.
Dalam kebanyakan kasus, seorang wanita dengan DCIS dapat memilih antara operasi pembesaran payudara (BCS) dan mastektomi sederhana. Tapi terkadang mastektomi mungkin pilihan yang lebih baik.

Pembedahan payudara (BCS)
Pada operasi pembesaran payudara (BCS), ahli bedah menghilangkan tumor dan sejumlah kecil jaringan payudara normal di sekitarnya. Penghapusan kelenjar getah bening tidak selalu dibutuhkan dengan BCS, tapi mungkin dilakukan jika dokter menganggap area DCIS mungkin juga mengandung kanker invasif. Risiko area DCIS yang mengandung kanker invasif meningkat dengan ukuran tumor dan kadar nuklir. Jika kelenjar getah bening diangkat, ini biasanya dilakukan sebagai biopsi kelenjar getah bening sentinel (SLNB).

Jika BCS dilakukan, biasanya diikuti dengan terapi radiasi. Ini menurunkan kemungkinan kanker kembali di payudara yang sama (baik karena lebih banyak DCIS atau sebagai kanker invasif). BCS tanpa terapi radiasi bukanlah pengobatan standar, tapi ini mungkin pilihan bagi wanita tertentu yang memiliki area kecil dengan DCIS kelas rendah yang telah dikeluarkan dengan margin bedah bebas kanker yang cukup besar.
Mastektomi

Mastektomi sederhana (pengangkatan seluruh payudara) mungkin diperlukan jika area DCIS sangat besar, jika payudara memiliki beberapa area di DCIS, atau jika BCS tidak dapat melepaskan DCIS sepenuhnya (yaitu spesimen BCS dan spesimen eksisi ulang Masih memiliki sel kanker di atau dekat tepi bedah). Banyak dokter akan melakukan SLNB bersamaan dengan mastektomi. Hal ini karena jika daerah kanker invasif ditemukan di jaringan yang dikeluarkan selama mastektomi, dokter tidak akan dapat kembali dan melakukan SLNB nanti, dan mungkin juga harus dilakukan pembedahan kelenjar getah bening aksila lengkap (ALND) .

Wanita yang menjalani mastektomi untuk DCIS dapat memilih melakukan rekonstruksi payudara segera atau lambat.
Terapi hormon setelah operasi

Jika DCIS adalah hormon reseptor positif (ER-positif atau PR-positif), pengobatan adjuvant dengan tamoxifen (untuk wanita manapun) atau penghambat aromatase (untuk wanita masa menopause) selama 5 tahun setelah operasi dapat menurunkan risiko DCIS lain atau Kanker invasif berkembang di kedua payudara. Jika Anda memiliki DCIS reseptor-positif, diskusikan pro dan kontra terapi hormon dengan dokter Anda.

Baca Juga :
Sel Ubnormal Yang Ada di Payudara (kanker non invasif).
Pengobatan Kanker Payudara Menurut Tingkatan (stadium).
Solusi Gempur Kanker Kronis.
Herbal kanker, banyak pasien sembuh.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengobatan Saluran Susu Yang Berubah Menjadi Kanker."

Catat Ulasan