Pengobatan Kanker Payudara Menurut Tingkatan (stadium).




Pengobatan Kanker Payudara Menurut Tingkatan

Stadium (tingkat) kanker payudara Anda merupakan faktor penting dalam membuat keputusan tentang pilihan pengobatan Anda. Secara umum, semakin banyak kanker payudara telah menyebar, semakin banyak perawatan yang mungkin Anda butuhkan. Tapi faktor lain juga penting, seperti:

Jika sel kanker mengandung reseptor hormon (yaitu jika kankernya ER-positif atau PR-positif)
Jika sel kanker memiliki sejumlah besar protein HER2 (yaitu jika kankernya HER2-positif)
Kesehatan dan preferensi pribadi Anda secara keseluruhan
Bicara dengan dokter Anda tentang bagaimana faktor-faktor ini dapat mempengaruhi pilihan pengobatan Anda.

Tahap 0

Pendekatan pengobatan untuk tumor payudara non-invasif ini seringkali berbeda dengan pengobatan kanker payudara invasif. Stadium 0 tumor payudara meliputi:


Tahapan I sampai III

Pengobatan untuk stadium I sampai III kanker payudara biasanya mencakup operasi dan terapi radiasi, sering bersamaan dengan kemo atau terapi obat lain baik sebelum maupun setelah operasi.

Stadium I: Kanker payudara ini masih tergolong kecil dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau hanya memiliki area kecil penyebaran kanker di kelenjar getah bening sentinel (kelenjar getah bening pertama yang kemungkinan akan menyebar oleh kanker).

Stadium II: Kanker payudara ini lebih besar dari kanker stadium I dan / atau telah menyebar ke beberapa kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium III: Pada stadium III kanker payudara, tumor lebih besar atau tumbuh ke jaringan terdekat (kulit di atas payudara atau otot di bawahnya), atau kanker telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening terdekat.

Tahap IV

Kanker stadium IV telah menyebar ke luar payudara dan kelenjar getah bening di dekatnya ke bagian tubuh yang lain. Pengobatan untuk kanker payudara stadium IV biasanya terdiri dari terapi sistemik (obat).

Kanker payudara inflamasi

Kanker payudara inflamasi (IBC) dapat berupa stadium III atau stadium IV, tergantung pada apakah telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Pengobatan untuk IBC dapat mencakup terapi kemo atau terapi sistemik lainnya, terapi lokal seperti radiasi, dan pembedahan.

Kanker payudara rekuren

Kanker disebut rekuren saat kembali setelah perawatan. Kekambuhan bisa bersifat lokal (di payudara yang sama atau di bekas luka mastektomi), regional (di sekitar kelenjar getah bening di dekatnya), atau di daerah yang jauh. Pengobatan untuk kanker payudara berulang bergantung pada di mana kanker berulang dan perawatan apa yang Anda miliki sebelumnya.

baca selanjutnya :


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengobatan Kanker Payudara Menurut Tingkatan (stadium)."

Catat Ulasan